Tips Aman Pesan Makanan di Masa PPKM Darurat

Kalian tergolong sebagai salah sau orang yang patuh dengan protocol kesehatan dan sering memesan makan secara online selama pandemic?

Jika iya, pasti selain kenyamanan, kalian juga menginginkan makanan kalian aman sampai ke tangan kalian bukan?

Di masa PPKM Darurat seperti saat ini, berpergian ke luar rumah tak lagi mudah apalagi mengingat jika kita dihimbau untuk membatasi mobilitas.

Sambil duduk manis di rumah, kita bisa tinggal membuka aplikasi pemesanan, memilih kuliner yang diinginkan, lalu makanan siap diantarkan.

Setidaknya ini bisa mengobati kerinduan kita yang gemar mencicipi jajanan di luar rumah. Walau begitu, memesan makanan secara online bukannya tanpa risiko sama sekali.

Penularan masih bisa terjadi melalui kemasan yang terpapar virus Covid – 19 akibat droplet maupun saat membeli atau penjual berinteraksi dengan kurir online.

Namun, masih banyak orang yang bingung bagaimana cara kita memastikan keamanan makanan yang kita pesan secara online?

Pada dasarnya, peluang hidup virus corona pada permukaan benda seperti plastic atau kemasan makanan sangat kecil.

Karena, medium penularan virus Covid – 19 yang utamanya berasal dari cairan tubuh seseorang yang terinfeksi seperti cipratan air yang keluar dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, atau mengeluarkan nafas.

Walaupun kemungkinan tertular melalui permukaan beda relative kecil, tak ada salahnya kita berhati – hati. Lalu, bagaimana cara aman memesan makanan online?

1.Memilih Restoran Atau Gerai Yang Terpercaya Dan Pesan Makanan Yang Diproses Dengan Higienis

Memilih Restoran Atau Gerai Yang Terpercaya Dan Pesan Makanan Yang Diproses Dengan Higienis

Salah satu tips pesan kuliner yang aman ialah memilih restoran yang terpercaya. Artinya, kita bisa pesan makanan dari restoran yang kita yakini higienis serta sudah pernah dicoba sebelumnya, atau direkomendasikan oleh banyak orang.

Sebaliknya, jika kita belum pernah memesan di restoran tadi, tidak ada salahnya buat mengecek terlebih dahulu. Salah satunya adalah mengecek lewat akun media sosial seperti instagram atau lewat review yang terpampang pada google.

Umumnya mereka akan post foto atau video proses persiapan mengolah serta packing makanannya. Kemudian sewaktu mau memesan bisa tanya lebih jelasnya cara pengemasan dan  pengirimannya juga.

Makanan yang bersih biasanya dimasak dengan baik dan  matang. Ini cenderung membuat berbagai virus, kuman, dan bakteri mati pada proses mengolah makanan.

Sementara, makanan mentah atau yang tidak dimasak dengan baik, seperti salad, ikan mentah, atau potongan buah-buahan segar lebih mudah tercemar oleh virus, bakteri, dan  kuman.

2.Lakukan Transaksi Cashless Dan Membatasi Kontak Langsung Dengan Kurir

Lakukan Transaksi Cashless Dan Membatasi Kontak Langsung Dengan Kurir

Pakai transaksi non tunai alias cashless untuk mengurangi kontak dengan kurir. Uang yang kita berikan bisa saja menyebarkan virus sehingga lebih baik lakukan pembayaran lewat transfer atau e-money.

Ditambah lagi, pembayaran cashless biasanya memberikan lebih banyak promo serta diskon  sehingga justru lebih irit.

Pastikan untuk selalu menjaga jarak saat menerima pesanan dari kurir yang mengantarkan makanan. Kita bisa meminta secara khusus kepada kurir ojek online agar meletakkannya di depan pintu, pagar rumah, atau meletakkannya di meja resepsionis jika tinggal di apartemen.

Jika perlu, sediakan lokasi khusus untuk meletakkan pesanan di depan rumah agar tidak perlu berinteraksi langsung. Selain aman, cara ini juga lebih mudah dan  hemat waktu sehingga tukang ojek online tidak perlu menunggu kita keluar.

3.Kenakan Masker Saat Berinteraksi Dan  Pindahkan Makanan Ke Tempat Makan Milik Sendiri

Selalu gunakan masker setiap kita berinteraksi dengan manusia lainnya, termasuk kurir yang mengantar makanan. Gunakan 2 lapis masker supaya mencegah penyebaran virus Corona.

Bila pesanan makanan telah berada di tangan, sebaiknya segera pindahkan makanan dari bungkus ke tempat makan milik sendiri.

Langkah ini bertujuan untuk menghindari paparan virus, bakteri, atau kuman yang mungkin menempel di kemasan makanan selama di perjalanan kurir mengantarkannya. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun dan  air mengalir terlebih dahulu sebelum memindahkan makanannya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk tetap aman saat membeli makanan di masa PPKM Darurat seperti sekarang ini.