Makanan Khas Sumatera Utara yang Unik!

Perkembangan kuliner di Nusantara rasanya semakin bervariasi. Bukan hanya makanan daerah saja yang saat ini menjadi tujuan para wisatawan pemburu kuliner ketika berkunjung ke suatu daerah, namun makanan unik yang sedang tren pun bisa menjadi tujuan yang sempurna.

Nah, berikut ini kami akan menunjukkan beberapa makanan khas Sumatera Utara yang unik dan mungkin bisa kamu coba saat berkunjung.

1.Dekke Na Niura

Pertama yang akan kami rekomendasikan adalah Dekke Na Niura, ini merupakan makanan khas Sumatera Utara dengan bahan utama ikan mas.

Awalnya dekke na niura hanya dimasak saat ada acara adat yang dilakukan oleh raja-raja dari suku batak. Tetapi saat ini semua orang sudah bisa menikmati makanan ini. Kelezatan yang dimiliki makanan satu ini akan membuat kamu ketagihan saat mengonsumsinya.

2. Arsik

Yang kedua ada arsik, makanan yang menggunakan bumbu spesial dan membuat terus ingin memakannya. Bahan utama makanan ini juga merupakan ikan mas, namun ditambahkan dengan bumbu khas dari daerah tapanuli.

Bumbu yang ada di arsik ini dimasak hingga menyerap, lalu dimasak dengan sedikit minyak dan air. Setelah itu ditunggu sampai air mengering dan bumbunya meresap, baru arsik bisa disajikan.

3. Kue Ombus-Ombus

Kalau kamu mampir ke Siborong-borong, maka coba cicipi makanan khas bernama kue ombus-ombus ini. Biasanya masyarakat Siborong-borong akan menikmati kue ini sambil meminum kopi.

Kue ombus-ombus ini terbuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan gula merah, lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Setelah itu kue akan dikukus sampai matang. Rasanya akan semakin nikmat jika kamu memakannya saat masih hangat, karena rasa khas dari kue ini akan lebih terasa.

4. Bika Ambon

Sepertinya sudah tidak perlu disebutkan lagi kalau bika ambon merupakan salah satu makanan khas dari Sumatera Utara yang populer. Makanan khas Medan ini sudah bisa ditemukan di seluruh daerah di Indonesia karena kepopulerannya. Tapi tidak ada salahnya untuk langsung membeli bika ambon dari tempat asalnya.

Kalau kamu belum pernah mencoba bika ambon, wajib rasanya untuk membeli bika ambon di Sumatera Utara, khususnya di kota Medan.

5. Lappet

Terakhir yang kami rekomendasikan adalah lappet. Kue tradisional ini menggunkaan bahan utama seperti tepung beras, kelapa, dan juga gula merah. Setelah itu adonan di kukus dengan menggunakan daun pisang hingga matang.

Lappet merupakan makanan yang cocok untuk dikonsumsi sore hari dan disantap bersama dengan kopi.

Nah, itulah beberapa makanan khas Sumatera Utara yang bisa kamu coba santap saat berkunjung ke daerah tersebut. Selain itu masih banyak makanan khas daerah Sumatera Utara lain yang bisa kamu coba cicipi.

Kira-kira dari 5 makanan khas di atas, adakah yang menjadi favorit kamu?